Chat with us, powered by LiveChat

Benarkah Olahraga Menggunakan Jaket Bisa Buat Bobot Tubuh Susut Lebih Cepat?

Salah satu upaya yang dilakukan oleh banyak orang untuk menurunkan berat badan adalah melalui banyak berolahraga. Secara lebih khusus, olahraga lari banyak dipilih karena lebih murah dan mudah untuk dilakukan.

Untuk membuat bobot turun lebih cepat dengan berlari, banyak orang menggunakan jaket dan sweater ketika berolahraga. Namun benarkah berolahraga menggunakan jaket ini bisa membuat bobot susut lebih cepat?

Dilansir dari Live Strong, menggunakan pakaian tertutup seperti jaket dan sweater ketika berlari memang menimbulkan perbedaan dibanding hanya menggunakan kaus. Namun ternyata selain bisa membakar kalori lebih cepat, hal ini juga memiliki kekurangan yang harus kamu perhatikan.

Detak jantung Meningkat

Ketika berlari, detak jantung bakal meningkat untuk meningkatkan suplai darah ke seluruh tubuh. Semakin kencang detak jantung, semakin banyak kalori yang terbakar.

Ketika kamu berolahraga menggunakan jaket, temperatur tubuh, sirkulasi darah, serta detak jantung meningkat untuk menjaga temperatur dalam tubuh. Sebagai hasilnya, hal ini dapat membakar lebih banyak kalori. Sampai tahap ini memang tampaknya baik-baik saja, namun jika terlalu berlebihan maka bisa timbul masalah berupa tubuh kesulitan menjaga temperatur.

Heat Exhaustion

ketika suhu tubuh meningkat dan tubuh tak dapat mengimbanginya, maka kamu bakal mengalami heat exhaustion. Masalah kesehatan ini berisiko muncul ketika kamu tengah melakukan aktivitas fisik yang intens.

Ketika kamu berlari menggunakan jaket, masalah heat exhaustion ini berisiko muncul atau bahkan dapat lebih parah berupa heat stroke. Untuk mencegah hal ini, ketika kamu mulai merasa kepanasan ketika berlari menggunakan jaket maka segera copotlah. Selain itu pastikan juga asupan air di dalam tubuh cukup ketika kamu berlari.

Jangan Lakukan Olahraga Berat

Walaupun berlari dapat membakar kalori lebih cepat dibanding berjalan, namun melakukan olahraga ringan juga bisa membakar kalori lebih banyak jika dilakukan cukup lama. Ketika kamu menggunakan jaket, tubuh juga bakal lebih mudah panas sehingga kalori yang terbakar dengan berlari tidak bakal terlalu banyak.

Lebih banyak Keringat

Berolahraga menggunakan jaket memang kadang tampak membuat bobot tubuh lebih cepat turun karena keringat yang dikeluarkan. Namun menurunnya bobot karena keringat ini hanya bobot air di dalam tubuh saja yang sifatnya sementara dan bukan merupakan cara menurunkan berat badan yang ideal.

Ketika berolahraga menggunakan jaket ini, kamu perlu perhatikan durasi dan juga kondisi tubuh. Ketika tubuh sudah merasa terlalu panas, sebaiknya segera hentikan karena bisa menimbulkan masalah kesehatan. Selain itu, cara ini juga tidak terlalu efektif dalam menurunkan berat badan secara sehat dan cepat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *